Jakarta - Jumat, 26 Mei 2017
(021) 7432728
(021) 74703580

Tentang Kami

Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan pendidikan profesi yang dirancang untuk menghasilkan sarjana yang kompeten di bidang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial. Pendidikan kesejahteraan sosial membekali mahasiswa dengan teori dan praktek mengenai ilmu pekerjaan sosial. Komponen utama yang diberikan adalah pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan nilai (values) di bidang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial yang diintegrasikan dengan nilai keislaman dan keindonesiaan.

Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggabungkan metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran langsung. Secara konvensional, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti perkuliahan di dalam kelas yang dipandu oleh tenaga pengajar yang ahli di bidangnya masing-masing. Sedangkan secara langsung, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan praktikum profesi yang diselenggarakan di semester 6 (praktikum 1) dan semester 7 (praktikum 2). Praktikum ini dilaksanakan di lembaga-lembaga mitra Program Studi Kesejahteraan Sosial, baik yang bersifat lembaga pemerintahan (kemensos) dan dinas yang terkait, lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perusahaan Negara (BUMN), dan lembaga lainnya yang memiliki visi pelayanan sosial.

Ciri khas utama Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah mengintegrasikan teori-teori kesejahteraan sosial dengan nilai keIslaman dan Keindonesiaan. Integrasi keduanya ditujukan agar mahasiswa memiliki kompetensi dan profesionalitas di bidang kesejahteraan sosial dan pada saat bersamaan mereka memiliki sensitivitas terhadap pluralisme dan multikulturalisme yang ada dalam masyarakat. Sehingga Program Studi Kesejahteraan sosial memiliki visi sebagai lembaga yang sangat inklusif terhadap keberbedaan dan keragaman agar alumni Program Studi Kesejahteraan Sosial dapat terlibat secara aktif dalam merespon permasalahan sosial dan tantangan global.

Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah berdiri sejak tahun 2003 dan telah mendapatkan izin penyelenggaraan PRODI pada tanggal 9 Februari 2011. Hingga kini, Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah meluluskan sarja lebih dari 150 orang yang telah terserap dalam bursa lapangan pekerjaan di Indonesia.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Prodi Kesejahteraan Sosial?

Silahkan kirimkan pertanyaan Anda ke email Kami : kessos.fidkom@uinjkt.ac.id