Contact Info
Phone:
Lisma Dyawati Fuaida
Dosen Tetap / Ketua Prodi
Educations
- Magister Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia

 

Lisma Dyawati Fuaida adalah Dosen Tetap pada Prodi Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat tulisan ini dibuat, Lisma tengah mengemban amanah sebagai Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial yang ke-3 untuk periode 2015-2019. Sebelumnya Lisma pernah tergabung menjadi Koordinator Bidang Audit di Pusat Audit dan Pengendalian Mutu di Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada masa 2011-2014.

Lahir di Jakarta, 27 Mei 1980, Lisma masuk ke dunia kampus dengan menjadi mahasiswi Prodi Tafsir Hadits, Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1998 setamatnya dari Madrasah Aliyah Keagaamn Khusus Negeri (MAKN) Darussalam, Ciamis, Jawa Barat. Lisma lulus menjadi Sarjana Theologi Islam (S.ThI) pada 2002 kemudian langsung mendapatkan beasiswa studi lanjut di Program Magister Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia atas biaya Kementerian Agama RI yang bekerjasama dengan Pemerintah Kanada (CIDA) serta McGill University dalam kerangka IAIN-Indonesia Social Equity Project (IISEP). Beasiswa ini dimaksudkan sebagai persiapan sumber daya manusia (tenaga pengajar) untuk pembukaan Program Studi Kesejahteraan Sosial yang pada tahun 2003 dibuka di bawah konsentrasi Prodi Pengembangan Masyarakat Islam dan mendapatkan ijin Prodi secara mandiri pada Februari 2011. Pada 2004, Lisma sempat mengikuti Community Organizing Course selama 1 (satu) bulan di McGill University, Canada yang menambah pengetahuannya di bidang yang digelutinya.

Saat ini, selain sebagai Dosen Tetap Prodi Kesejahteraan Sosial, di kampus Lisma aktif terlibat dalam pendirian dan kepengurusan di Center for Students with Special Needs (CSSN) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang saat ini tergabung dalam program INDOEDUC4ALL yang mendorong kampus inklusi di Indonesia dengan membuat Konsorsium EDUC4ALL untuk Perguruan Tinggi Inklusi di Indonesia. Dalam kegiatan asosiasi baik profesi maupun prodi baik di tingkat nasional maupun regional, Lisma menjadi anggota pada Ikatan Pekerja Sosial Indonesia (IPSPI), pengurus pada DPD IPSPI DKI Jakarta; pengurus pada Asosiasi Pendidikan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Indonesia (ASPEKSI); dan pengurus pada Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Kesejahteraan Sosial Islam (P3KSI); anggota pada The Asia and Pacific Association for Social Work Education (APASWE; dan anggota pada International Association of School of Social Work (IASSW). Sumbangsihnya untuk negeri juga Lisma salurkan lewat organisasi kemasyarakat perempuan Islam yaitu di Pengurus Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah serta pengabdian kepada masyarakat melalui Taman Baca Al’Qur’an Nurul Ikhlas, Cipayung Ciputat sejak 2008.

-