Ismet Firdaus
Contact Info
Phone:
Ismet Firdaus
Dosen Tetap
Educations
- Magister Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia

 

Ismet Firdaus adalah dosen tetap Program Studi Kesejahateraan Sosial Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. selain menjadi dosen, Ismet juga pengurus LK3 Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ismet Firdaus lahir di Bogor, 27 Desember 1975  dibesarkan di tanah kelahiran dan menimba ilmu di tempat kelahirannya di MI Al-Khoiriyah dan Ismet melanjutkan pendidikannya di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian melanjutkan pendidikan tingkat SLTA nya di SMAN 4 Jakarta.  Tidak puas dengan pendidikan yang sudah ditempuh, Ismet melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Indonesia di Jurusan Kesejahteraan Sosial.  Untuk meningkatkan kualitas diriny,  Ismet  juga melanjutkan pendidikan ke program Magister Kesejahteraan Sosial di Universitas Indonesia.  Selanjutnya Ismet Firdaus menjadi dosen di Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ismet juga  sempat mengikuti Community Organizing Course selama 1 (satu) bulan di McGill University, Canada yang menambah pengetahuannya di bidang yang digelutinya.

Ismet Firdaus mengajar di bidang ilmu Kapita Selekta Kesesejahteraan Sosial, Supervisi Pekerjaan Sosial, Penanganan NAPZA,  dan Islamic Human Service Organization. Selain mengajar di bidang ilmu tersebut. Ismet Firdaus juga aktif menulis karya ilmiah seperti buku dan Jurnal.  Karya buku yang sudah diterbitkan yaitu Supervisi Pekerjaan Sosial. Sedangkan karya ilmiah yang berbentuk jurnal yang sudah terbit yaitu Peran Pekerja Sosial dalam Pendampingan Pengungsi Eks Gafatar pada Proses “Returning Home” dan Kualitas Pelayanan Sosial Anak terlantar dalam Panti Yayasan Berbasis Agama Islam di Kecamatan Ciputat.

Saat ini, selain sebagai Dosen Tetap Prodi Kesejahteraan Sosial.  Ismet aktif dalam kegiatan asosiasi baik profesi maupun prodi baik di tingkat nasional maupun regional, Ismet menjadi anggota pada Ikatan Pekerja Sosial Indonesia (IPSPI), pengurus pada DPD IPSPI DKI Jakarta; pengurus pada Asosiasi Pendidikan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Indonesia (ASPEKSI); dan pengurus pada Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Kesejahteraan Sosial Islam (P3KSI); anggota pada The Asia and Pacific Association for Social Work Education (APASWE; dan anggota pada International Association of School of Social Work (IASSW).

-