Ellies Sukmawati
Contact Info
Phone:
Ellies Sukmawati
Dosen Tetap

 

Ellies Sukmawati merupakan dosen tetap Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Selain menjadi dosen tetap, Ellies didaulat menjadi Ketua LK3 Program Studi Kesejahteraan Sosial.

Ellies lahir di Jambi, 18 Maret 1978  dan dibesarkan di tanah kelahiran hingga  tamat SMP. Setelah menempuh pendidikan SMP, Ellies melanjutkan pendidikannya di tanah ranatu di SMA Al-Azhar. Setelah tamat pendidikan SMA, melanjutkan S1 di Universitas Trisakti di jurusan  Teknik Lingkungan. Kemudian langsung mendapatkan beasiswa studi lanjut di Program Magister Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia atas biaya Kementerian Agama RI yang bekerjasama dengan Pemerintah Kanada (CIDA) serta McGill University dalam kerangka IAIN-Indonesia Social Equity Project (IISEP). Beasiswa ini dimaksudkan sebagai persiapan sumber daya manusia (tenaga pengajar) untuk pembukaan Program Studi Kesejahteraan Sosial yang pada tahun 2003 dibuka di bawah konsentrasi Prodi Pengembangan Masyarakat Islam dan mendapatkan ijin Prodi secara mandiri pada Februari 2011. Pada 2004, Lisma sempat mengikuti Community Organizing Course selama 1 (satu) bulan di McGill University, Canada yang menambah pengetahuannya di bidang yang digelutinya.

Saat ini, selain sebagai Dosen Tetap Prodi Kesejahteraan Sosial.  Ellies aktif dalam kegiatan asosiasi baik profesi maupun prodi baik di tingkat nasional maupun regional, Lisma menjadi anggota pada Ikatan Pekerja Sosial Indonesia (IPSPI), pengurus pada DPD IPSPI DKI Jakarta; pengurus pada Asosiasi Pendidikan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Indonesia (ASPEKSI); dan pengurus pada Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Kesejahteraan Sosial Islam (P3KSI); anggota pada The Asia and Pacific Association for Social Work Education (APASWE; dan anggota pada International Association of School of Social Work (IASSW).

Ellies juga aktif dalam membuat karya tulis ilmiah di bidang kesejahteraan sosial seperti Kesejahteraan anak, pola pengasuhan anak dan kepedulian keluarga terhadap anak.

-