Peringatan Hari Pekerja Sosial Sedunia 2018 “Pekerja Sosial Berperan Membangun Manusia Yang Berkesejahteraan”

Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan IPSPI DKI Jakarta mengadakan kegiatan Malam Refleksi dalam memperingati hari Pekerjaan Sosial Sedunia ke-35. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 20 Maret 2018 bertempat di Aula Dinas Sosial DKI Jakarta. Kessos UIN Jakarta juga bekerjasama dengan Social Work Sketch, KPSI, DNIKS, STISIP Widuri, Forkomkasi Jakarta, Souls Magazine dan HMIKS UI dalam melaksanakan kegiatannya.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan puisi apresiasi dan penampilan dari Social Welfare Percussion UIN Jakarta dengan membawakan lagu Gundul-Gundul Pacul dan Yamko Rambe Yamko. Setelahnya, kegiatan berlanjut dengan sambutan-sambutan dari Ketua IPSPI DKI Jakarta Dr. Mariana, M.Si, perlunya perlindungan terhadap profesi Pekerjaan Sosial, makanya dibuat regulasi perundang-undangan untuk hak dan kewajibannya. Saat ini telah masuk Prolegnas 2018 Komisi VIII DPR RI, diharapkan tahun 2018 ini dapat ketuk palu dan memiliki legalitas yang berkekuatan hukum penuh.

“Mari menjadikan Pekerja Sosial menjadi profesi yang diperhitungkan di tengah profesi lainnya. Jayalah jayalah Peksos Indonesia” kata ketua IPSPI DKI Jakarta dalam malam refleksi Hari Pekerja Sosial Sedunia 2018 di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta pada Selasa malam (20/3).

Pemotongan tumpeng oleh Yeremias Wutun, M.Si selaku IPSPI DPD DKI Jakarta menandakan dibukanya kegiatan Malam Refleksi peringatan Hari Pekerja Sosial Sedunia tersebut.

Malam refleksi itu juga mengadakan Talkshow singkat yang disampaikan oleh Siti Napsiyah dan Indra mengenai prospek pekerja sosial di Indonesia dalam perspektif ilmu kesejahteraan sosial dan ilmu psikologi. Acara berjalan santai dengan berkumpulnya praktisi serta calon pekerja sosial, diiringi dengan penampilan dari Hendri Sederethana.

Sumber: https://www.fajarpos.com/edukasi/21/03/2018/24524/peringatan-hari-pekerja-sosial-sedunia-2018-pekerja-sosial-berperan-membangun-manusia-yang-berkesejahteraan/