Pelaksanaan TOT Case Management untuk Para Dosen Homebase-nya

Serpong, Siarnusa.comProgram Studi Kesejahteraan Sosial (Kessos), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan TOT Case Management untuk para dosen homebase-nya pada 18 September 2018. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) partner of Save the Children International sebagai tim instruktur yaitu Tata Sudrajat, M.Si (Director of Families First Signature Program YSTC), Yanti Kusumawardhani, MSW (Direct Response of Families First Signature Program YSTC), dan Rendiansyah Putra Dinata, M.Kessos (Case Manager of Families First Signature Program YSTC).

Kegiatan ini mengambil tempat di Pesantren Peradaban Jagat ‘Arsy, Serpong asuhan Budi Rahman Hakim, MSW yang juga merupakan salah satu dosen Prodi Kesejahteraan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu Senin-Selasa, 17-18 September 2018 dengan muatan 5 (lima) materi yang dilatihkan. Hari pertama terdiri dari sesi 1 tentang Urgensi  Manajemen Kasus dalam Perlindungan Anak; Sesi 2 tentang Etika Praktik dalam Manajemen Kasus; Sesi 3 tentang Pengertian dan Proses Manajemen Kasus. Hari kedua terdiri dari sesi lanjutan sesi 3; Sesi 4 tentang Sistem Rujukan dalam Manajemen Kasus; Sesi 5 tentang Pencatatan dan Pelaporan berbasis Database.

Kegiatan yang merupakan capacity building  yang bersifat refreshment  ini sangat berguna bagi para dosen Prodi Kesejahteraan Sosial—sesuai dengan tujuan dilaksakannya kegiatan ini—untuk meningkatkan kualitas bimbingan praktikum Kesejahteraan Sosial  terhadap mahasiswa (praktikan) dan variasi metode dan media mengajar. Selain itu, keterampilan case management ini juga berguna untuk layanan terhadap civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diberikan oleh Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di mana para dosen Prodi Kesejahteraan Sosial juga menjadi pekerja sosial dan konselor di dalamnya. (**)

Sumber: https://www.siarnusa.com/baca/17/09/2018/pelaksanaan-tot-case-management-untuk-para-dosen-homebase-nya/