Mahasiswa UIN Jakarta Melaksanakan Pengabdian di Desa Panikel Kec Kampung Laut Kab Cilacap

Mahasiswa Kesejahteraan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memilih Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah  untuk melaksanakan praktikum 2. Praktikum 2  yang dilaksanakn Program Studi Kesejahteraan Sosial Jakarta dimulai pada tanggal 25 Juli 2018.  pada hari yang bersamaan dilaksanakn Pembukaan Praktikum 2 dan penerimaan secara resmi dari pihak  pemerintah desa dan pemerintah kecamatan.

Pembukaan Praktikum 2 di Kecamatan Kampung Laut dilaksanakan di Mesjid Baitul Muhajirin Desa Panikel yang dihadiri oleh Bapak Camat Kampung Laut  Nurindra Hidayat, Kepala Desa Panikel, Ibu Nunung dari UIN Syarief Hidayatullah, Bapak Ahmad Fauzan dan John Pluto Sinulingga dari Bina Desa.

Pada kesempatan itu Pak Camat dalam kata sambutannya mengharapkan mahasiswa jangan men-justice dahulu dan memakai standart yang dibawa dari luar tapi cobalah dulu membangun interaksi, menyelami dan mengamati komunitas. Selain itu Pak Camat juga mengharapkan dengan kedatangan para peserta praktikum dapat menemukan persoalan mendasar di Kecamatan Kampung Laut.

Pak Camat juga menambahkan bahwa ada 4 hal yang sedang dikembangkan di Kecamatan Kampung Laut ini, antara lain :

  • Pertanian : dalam kurun waktu 15-20 tahun terjadi pendangkalan sehingga banyak muncul tanah-tanah timbul. Kampung Laut yang muncul dari alam dan mengolahnya juga harus secara alami maka akan diberikan oleh alam hasil yang berlimpah.
  • Peternakan ; Kampung Laut sangat banyak sekali menghasilkan pakan hijau tapi yang memanfaatkannya banyak dari luar kecamatan. Belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Kampung Laut.
  • Perikanan ; wilayah Kampung Laut memiliki sungai dan laut yang dikelola dengan model perikanan tangkap tapi akan dicoba secara bertahap untuk membuat model perikanan budidaya.
  • Pariwisata ; Kampung Laut memiliki bentang alam yang bagus dan menantang sehingga kami memunculkan wisata petualangan. Sehingga kami mendorong perlu untuk menciptakan infrastruktur yang mendukung pariwisata selain itu coba mengembangkan lagi atraksi-atraksi budaya dan industri kreatif (contohnya ; batik)

Empat hal yang di atas yang sedang Pemerintah Kecamatan Kampung Laut perjuangankan bersama dengan empat pemerintahan desa (Desa Panikel, Desa Ujung Gagak, Desa Klaces, Desa Ujung Alang) serta masyarakat. Dengan kedatangan mahasiswa ini juga dapat mempromosikan tentang Kampung Laut ke luar, tutup Pak Camat.

Setelah acara selesai kemudian para mahasiswa hari itu juga langsung menuju desa lokasi praktikum mereka masing-masing. Desa yang paling jauh adalah desa Ujung Alang, harus ditempuh dalam waktu 2 jam dengan perahu compreng (compreng : sebutan perahu khas cilacap). Demikian juga untuk Desa Klaces harus ditempuh dengan perahu compreng kurang lebih 1 jam. Menuju desa tersebut peserta mahasiswa harus melalui Segara Anakan. Sedangan Desa Ujung Gagak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu 1 jam juga.

Sumber :https://www.fajarpos.com/edukasi/13/11/2018/24520/mahasiswa-uin-jakarta-melaksanakan-pengabdian-di-desa-panikel-kec-kampung-laut-kab-cilacap/