Jakarta - Selasa, 25 April 2017
(021) 7432728
(021) 74703580

LK3 Program Studi Kesejahteraan Sosial

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) merupakan salah satu wahana penanganan masalah sosial psikologis keluarga yang mengedepankan pendekatan pekerjaan sosial dalam proses pelayanannya dan dukungan dari disiplin ilmu yang terkait. Pelayanan yang diberikan oleh LK3 antara lain pemberian informasi, konsultasi, konseling, advokasi secara profesional, serta merujuk sasaran ke lembaga pelayanan lain yang benar-benar mampu memecahkan masalah secara lebih intensif. Sejalan dengan makin kompleksnya permasalahan keluarga ini, maka diperlukan mekanisme penanganan masalah yang lebih dekat dengan kelompok sasaran.

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan hasil kerjasama dengan Direktur Jenderal Pemberdayaan Keluarga dan Kelembagaan Sosial Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam memberikan pelayanan berbasis Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi dinilai memiliki peran strategis dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam amanah tiga pliar perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) merupakan media konsultasi bagi individu dan keluarga yang mengalami masalah sosial psikologis dalam keluarganya, yang mengganggu pelaksanaan peran dan fungsinya sebagai pribadi, anggota keluarga, dan anggota kelompok sosial lainnya. Masalah psikologis keluarga dapat muncul dan berkembang dikarenakan kurangnya penanaman budi pekerti dan pengaruh berbagai budaya luar serta mudahnya mengakses secara bebas arus informasi yang berkaitan erat dengan perubahan pola sikap dan perilaku seseorang.

Beberapa masalah sasaran yang ditangani LK3 antara lain masalah sosial psikologis, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), perceraian, masalah ekonomi, anak terlantar, lanjut usia, narkoba dan masalah sosial lainnya, kesemuanya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan merujuk ke lembaga yang relevan dalam menyelesaikan masalahnya.

Dalam melakukan kegiatan program LK3, kami melibatkan seluruh tim LK3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terdiri dari pekerja sosial, psikolog, dokter, rohaniawan, dan profesi terkait lainnya. kami juga merekrut volunteer dari mahasiswa yang sengaja dipilih (selected) sebagai pihak yang berada di garda paling depan untuk mencari dan melakukan identifikasi sosial (social identification) dan pemetaan sosial (social mapping). Tujuannya adalah untuk menggali informasi mengenai mahasiswa yang potensial untuk menjadi sasaran penerima layanan LK3.

Selanjutnya, kami melakukan program penjangkauan (outreach) ke masyarakat umum, yakni tidak hanya dari unsur mahasiswa namun juga karyawan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarat dan masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar kampus, khususnya masyarakat kelurahan Cempaka Putih di mana lokasi UIN berada. Selanjutnya kami juga melakukan sosialisasi tentang keberadaan LK3 ke masyarakat umum melalui media sosial, baik cetak berupa brosur dan leaflet, maupun online seperti website Prodi Kesejahteraan Sosial di www. kessosuinjkt.ac.id.

Sejauh ini, keberadaan LK3 Prodi Kesejahteraan Sosial UIN bekerjasama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia telah memberikan pelayanan konsultasi, konferensi kasus (case conference), manajemen kasus (case manajement), dan rujukan (referal) ke lembaga pelayanan sosial seperti Rumah Sakit, lembaga rehabilitasi, dan sebagainya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh LK3 Prodi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut di atas diarahkan sebagaimana maksud dan tujuan keberadaannya yaitu sebagai support system bagi masyarakat di wilayah Tangerang Selatan dan merupakan sarana untuk pengabdian sosial bagi dosen dan mahasiswa kesejahteraan social UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pelaksanaan intervensi dilakukan berbasis kesejahteraan (welfare approach) bagi klien yang ditangani.