Launching dan Training Peer Conselour “Teman Bicara Mahasiswa”

Ciputat, Siarnusa.comAcara Launching dan Training Peer Conselour ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 September 2018 dengan tema Dukungan Psikososial Mahasiswa untuk Penguatan Resiliensi dan Prestasi. Kegiatan Launching  dan Training Peer Conselour ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar kepada 16 orang Peer Conselour yang terdiri dari 3 orang dari angkatan 2014, 8 orang dari angkatan 2015, dan 6 orang dari angkatan 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di Uniclub UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pelaksanaan acara tidak hanya melaksanakan kegiatan  Launching Peer Conselour tapi juga ada kegiatan training untuk para Peer Conselour, maka dalam acara tersebut yang turut hadir ialah Wadek III Bidang Kemahasiswaan Dr. Suhaimi, M. A yang meresmikan peer conselour LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga), Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial Lisma Dyawati Fuaida, M. Si, Ketua Lk3 Ellies Sukmawati S. T, M. Si dan jajaran dosen kesejahteraan sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setelah Peer Conselour ini diresmikan, kegiatan berlanjut pada kegiatan pelatihan. Di hari pertama, pelatihan di isi oleh Ibu Ellies Sukamawati, S. T, M. Si selaku ketua LK3 yang memberikan materi tentang apa itu LK3 dan posisi peer conselour dalam kegiatan lembaga ini. Beliau juga menjelaskan target sasaran dari kegiatan ini serta tujuan dari LK3 dan peer conselour di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selanjutnya materi di hari pertama diisi oleh Bapak Ismet Firdaus, M.Si yang memberikan materi tentang cara mengisi form dan menangani klien yang datang ke LK3. Di sesi terakhir di hari pertama di isi oleh Bapak Ahmad Zaky, M. Si yang memberikan materi tentang masalah – masalah yang kerap muncul di usia remaja. “masa remaja atau dewasa awal merupakan masa peralihan atau masa transisi. Dimana pada usia memasuki 15 – 20an awal, manusia sudah mulai mencari jati dirinya yang tentunya akan banyak perubahan pada pola berfikir dan bergaul. Sehingga riskan terjadi penyimpangan” ujar Bapak Zaky.

Di hari kedua pada tanggal 28 September 2018, materi di isi oleh Ibu Desi, M. Psi selaku psikolog dan dosen tetap psikologi di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang memberikan materi tentang hal apa saja yang harus diperhatikan saat menghadapi klien. Dari dua hari pelatihan yang diadakan, Peer Conselour diharapkan mampu menjadi teman bicara mahasiswa khususnya di lingkungan prodi Kesejahteraan Sosial  agar mahasiswa kesejahteraan sosial dapat terus berprestasi dan terhindar dari dampak burn out yang tidak diinginkan.

Sumber: https://www.siarnusa.com/baca/27/09/2018/launching-dan-training-peer-conselour-teman-bicara-mahasiswa/