Ketua Prodi Kessos UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menghadiri Workshop Nasional Penyusunan Standarisasi Pendidikan Profesi Peksos 2019 di Universitas Sumatera Utara

Dalam rangka menyikapi Rancangan Undang-Undang Pekerjaan Sosial  menjadi Undang-undang. Maka Asosiasi Pendidikan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Indonesia (ASPEKSI) memandang perlu untuk segera merumuskan standarisasi pendidikan  profesi pekerjaan sosial. Dalam draft RUU Pekerjaan Sosial pasal 52, disebutkan bahwa terhitung 1 (satu) tahun sejak undang-undang ini diundangkan, pelaksanaan uji kompetensi pekerja sosial harus diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bekerjasama dengan organisasi profesi. Maka dari itu Asosiasi PendidiKn Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial melaksanakan Workshop Nasional Penyusunan Standarisasi Pendidikan Profesi Peksos di Universitas Sumatera Utara pada 19-21 April 2019.

Pada pelaksanaan workshop ini dihadiri oleh para ketua, sekretaris, dan dosen program studi Kesejahteraan Sosial di  Seluruh Indonesia yang menjadi Anggota ASPEKSI dengan tujuan untuk meghimpun ide, masukan dan hal-hal teknis lainnya  terkait pendidikan profesi pekerjaan sosial.

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua ASPEKSI yaitu Dr. Oman Sukmana, M.Si yang menyatakan bahwa pendidikan profesi peksos memang akan jadi kebutuhan hari ini dank e depan. Sebagai Asosiasi, ASPEKSI mempunyai tanggung jawab untuk menyusun dan menetapkan standarisasinya.

“ hari ini, kami hadir dan berkumpul di Medan dalam rangka menyepakati dan sekaligus menyatatakan dukungan agar RUU Peksos bisa disahkan oleh DPR RI periode ini” tegasnya.

Dalam rangkain kegiatan workshop ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelenggarkan sidang komisi dengan pembahasan yang berbeda-beda. Ketua Program Studi Kesejahteraan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi pembahas dari materi Sistem Penjaminana Mutu dan Kelembagaan Pendidikan  Profesi Pekerjaan Sosial.

Hasil dari sidang komisi dibawa ke sidang pleno untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Dari sidang pleno yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pertama, ASPKESI mendukung RUU Pekerjaan Sosial yang sedang di godok di DPR RI sekaligus agar segera disahkan. Kedua, ASPEKSI menyepakatai standarisasi pendidikan profesi peksos .