International Public Lecture Terrorism Prevention: Community Participation Approach

Dalam hitungan sebulan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  langsung melaksanakan kuliah umum berskala internasional. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teater Prof. Dr. Aqib Suminto pada 26 September 2018. International Public Lecture ini bekerja sama dengan The University of Queensland yang menghadirkan pembicara yang sangat kompeten di bidang tersebut seperti, Professor Adrian Cherney  dari The University of Queensland dan Dr. Siti Napsiyah, MSW selaku dosen Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Acara ini dipandu langsung oleh Wakil Dekan 2 Bidang Akademik yaitu, Bapak Suparto, M.Ed, Ph.D

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa kesejahteraan sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memahami pencegahan terorisme berbasis komunitas yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Kesejahteraan Sosial.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Prof. Adrian Cherney, beliau menjelaskan proyek yang sudah dilakukan untuk melakukan pencegahan berbasis komunitas. Ada 3 proyek yang sudah dilaksanakannya yaitu,

  1. Proyek pelepasan komunitas (tentang pembebasan dan pengawasan pelanggar ekstrimis).
  2. Evaluasi PRISM (program operasi pengucilan di negara bagian NSW Australia) – Evaluasi pengalihan (polisi menjalankan intervensi CVE).
  3. Proyek CVE & proyek data dasar indikator (melihat cara mengevaluasi). Evaluasi kamp pemuda Muslim Kontra keterlibatan komunitas & proyek dampak terorisme.

 

Selain itu, narasumber juga menjelaskan bagaimana cara pekerja sosial melakukan penjalinan relasi sebelum melaksanakan proyek yang pekerja sosial rumuskan.  Dari tiga proyek yang sudah dijelaskan narasumber diharapkan mahasiswa bisa memahami dan mengaplikasikan ketika mahasiswa mengalami kejadian yang sama.