Dr. Siti Napsiyah, MSW menjadi Ketua Delegasi dalam kegiatan Asean Consortium of Social Welfare Pracititioners, Educators and Schools of Social Work 2018

Siti  Napsiyah mendapatkan kesempatan emas karena didaulat menjadi Ketua Delegasi  untuk mempresentasikan Country Report “Indonesia Country Reort”dalam acara Consortium Internasional di Bangkok,Thailand. Acara yang bertajuk Asean Consortium of Social Welfare Pracititioners, Educators and Schools of Social Work 2018 dilaksanakan pada 19-24 Agustus 2018 di Asia Hotel, Bangkok Thailand.

Kegiatan  dilaksankan karena Pekerjaan Sosial sebagai sebuah profesi memiliki tradisi panjang dalam menangani kesejahteraan masyarakat, khususnya kaum miskin, terpinggirkan dan kurang beruntung. Ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengejaran komunitas dan masyarakat yang peduli, inklusif, adil dan berkelanjutan.

Di Asia Tenggara, praktik kerja sosial dan pendidikan telah berkembang pada kecepatan yang tidak rata di tengah beragamnya konteks sejarah dan sosial. Situasi ini mendorong pekerja sosial untuk saling mendukung dan belajar, dan bekerja secara kolaboratif. Selain itu, wilayah kami juga terjebak dalam krisis global dan nasional di berbagai bidang – ekologi, ekonomi, dan keuangan – yang menimbulkan ancaman serius bagi keamanan dan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, ini meningkatkan kebutuhan pekerja sosial untuk menciptakan sinergi dalam analisis dan tindakan, dan menjalin perspektif dan pengalaman nasional ke dalam perspektif regional saat kita menjalin persatuan dan solidaritas.

Pada kegiatan ini Siti Napsiyah berkesempatan menjelaskan tentang perkembangan Kesejahteraan Sosial di Indoensia serta prospek Pekerja Sosial di Indonesia , peran Lembaga  Kesejahteraan Sosial, Peran Lembaga Pendidikan  dan Penyelenggaraan Pekerja  Sosial di Indonesia.

Kemudian, siti Napsiyah mengunjungi lembaga Kesejahteraan  Sosial di Bangkok, Thailand sebagai “Lesson Learned” . selain itu, Napsiyah juga mengunjungi Kampus Thammasat University.