Diskusi Bersama Dosen Tamu Membahas Tentang Writing and Publication for Academic Papers Proposal dan Article for Journal

Dalam memenuhi kebutuhan institusi pendidikan perguruan tinggi, Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Jakarta mengundang dosen tamu  pada  Rabu 9 Agustus 2017 yang membahas mengenai Writing and Publication For Academic Papers: Proposal And Article For Journal. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk melatih para tenaga pendidik program studi Kesejahteraan Sosial untuk melakukan penulisan dan publikasi ilmiah.

Kemudian dari  sisi kebutuhan institusi, jumlah publikasi ilmiah dari civitas akademika suatu perguruan tinggi, terutama dosen, hampir pasti menjadi salah satu indikator penilaian dalam perankingan kualitas perguruan tinggi, baik dari level nasional seperti akreditasi BAN-PT, sertifikasi kualitas level Asia Tenggara seperti AUN QA, apalagi perankingan tingkat dunia baik versi Webometrics, QS, maupun THE.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Suparto, M.Ed., Ph.D yang menyampaikan kata sambutan dan menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini. Beliau juga sepintas mengenalkan pembicara berdasarkan pertemuan singkatnya sebelum acara dimulai. Acara kemudian diserahkan kepada moderator yaitu Rosita Tandos, M.A, M.Comdev yang juga berfungsi sebagai interpreter untuk berjalannya diskusi.

Paparan dimulai oleh Prof Aria dengan menjelaskan kenapa kita, sebagai akademisi, harus menulis tulisan yang dimuat di jurnal (internasional). Ia menjelaskan bahwa “ada beberapa alasan mengapa itu penting yaitu dengan tulisan itu kita dapat  memperkuat Curriculum vitae kita yang dengannyakita dapat memeroleh pekerjaan; memeroleh promosi kenaikan jabatan; dan atau mendapatkan dana hibah. Tulisan ilmiah itu juga dapat menjadi langkah awal untuk menerbitkan buku yang kemudian juga memperkuat CV”.Tulisan kita juga berkontribusi terhadap perankingan UIN Jakarta, mendapatkan dana hibah, dan membuat mahasiswa menjadi lebih baik.

    Prof  Aria juga memaparkan bagaimana cara peserta agar bisa memuat jurnal-jurnal internasional di halaman jurnal yang mempunyai rangking yang sangat tinggi. Selanjutnya, beliau juga memaparkan mengenai cara penulisan jurnal internasional yang baik dan benar. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agarpara tenaga pendidik bisa meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukannya. 
Sumber : https://www.fajarpos.com/edukasi/10/08/2017/24528/diskusi-bersama-dosen-tamu-membahas-tentang-writing-and-publication-for-academic-papers-proposal-and-article-for-journal/