ASPEKSI Menyelenggarakan Workshop Penyusunan Standarisasi Pendidikan Profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia (KKNI level 7)

Asosiasi Pendidikan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Indonesia (ASPEKSI)  berkolaborasi dengan  Departemen Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menyelenggarkan workshop Penyususnan Standarisasi Pendidikan Profesi Pekerjaan Sosial  di Indonesia ( KKNI level 7). Kegiatan tersebut dilaksanakan 2 hari pada tanggal 28-29 November 2018 di  Universitas Indonesia.   Dosen Program Studi Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga ikut serta dalam workshop tersebut. Dosen yang ikut serta dalam kegiatan ini yaitu Lisma Dyawati Fuaida, M.Si, Dr.  Siti Napsiyah, MSW, dan Ismet Firdaus, M.Si.

Kegiatan hari pertama pelaksanaan dibuka dengan acara pembukaan  dari ketua panitia  yang disampaikan oleh Dr. Sari Viciawati Machdum serta  sambutan dan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Dr. Arie Setiabudi Soesilo. Setelah acara pembukaan, acara diisi dengan  sesi diskusi dibagi ke dalam 3 sesi.  Peserta dalam diskusi ini juga harus aktif untuk ikut serta dalam pemahasan yang dipresentasikan.

Kegiatan hari kedua sangat di tunggu-tunggu oleh para dosen Ilmu Kesejahteraan yang tergabung dalam ASPEKSI. Karena pada workshop ini membahas mengenai penyusunan standarisasi Pendidiakan Profesi Pekerjaan Sosial Indonesia (KKNI Level 7). Untuk mengawali kegiatan, acara dibuka oleh sambutan ketua ASPEKSI dan Ketua Kurikulum ASPEKSI.  Kemudian peserta di bagi menjadi 3 kelompok untuk membahas standarisasi penyusunan pendidikan profesi  pekerjaan sosial di Indonesia.  Kelompok 1 membahas penyusunan capaian pembelajaran (cp) pendidikan profesi pekerjaan sosial, kelompok 2 membahas penyusunan struktur kurikulum pendidikan profesi, kelompok 3 membahas penyusunan jaminan mutu infarstruktur dan suprastukrtur.  Setelah ketiga kelompok tersebut berdiskusi, peserta menjalankan sidang pleno dengan bahasan yang sudah dibahas pada kelompok masing-masing.

Dengan diadakannya Workshop Standarisasi Penyusunan Pendidikan Profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia. Program Ilmu Kesejahteraan Sosial yang tergabung dalam ASPEKSI bisa mencetak lulusan terbaik di perguruan tinggi masing-masing.